Prosedur Praktikum Bab 1
- Asisten mengumumkan jadwal praktikum melalui mading dan website laboratorium dengan peraturan praktikan wajib membawa kartu kendali.
- Penanggung Jawab Modul membuat SOP praktikum dan materi presentasi praktikum dan mengkonsultasikan kepada Kepala Laboratorium
- Asisten melakukan brainstorming dan simulasi praktikum bab 1 yang dipimpin oleh penanggung jawab bab 1 dan.
- Melakukan praktikum, yang dipimpin oleh 2 orang asisten, tentor 1 dan tentor 2.
- Asisten menjelaskan materi mengenai identifikasi peluang dan segmentasi pasar pada saat praktikum sesuai dengan SOP dan materi presentasi praktikum bab 1 & 2.
- Di akhir praktikum, asisten menjelaskan sub-bab laporan dan apa saja yang harus dilakukan dalam pengerjaan laporan termasuk pembagian produk setiap kelompok yang telah dirapatkan oleh seluruh dosen pembimbing dan pihak laboratorium.
- Setelah/ di luar praktikum, praktikan diminta untuk membuat kuesioner terbuka untuk mengidentifikasi peluang berdasarkan pembagian produk masing-masing kelompok.
- Praktikan wajib mengkonsultasikan kuesioner yang telah dibuat kepada asisten Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas dan dosen pembimbing masing-masing.
- Praktikan menyebarkan kuesioner kepada responden yang sesuai dengan kebutuhan produk masing-masing kelompok.
- Praktikan merekap hasil kuesioner dan merubah pernyataan pelanggan menjadi pernyataan kebutuhan pelanggan serta menentukan segmentasi yang akan ditargetkan.
- Praktikan mengkonsuktasikan hasil kuesioner kepada asisten dan dosen pembimbing masing-masing.
- Output dari bab 1 dan 2 ini adalah produk yang akan dibuat, pernyataan kebutuhan pelanggan, dan segmentasi pasar yang akan dipilih setiap kelompok.
- Setelah/ di luar praktikum, praktikan diminta untuk membuat dan menyebarkan kuesioner tertutup untuk mengidentifikasi kepentingan dari setiap kebutuhan dan penilaian bagi produk kompetitor yang sama.
- Praktikan wajib mengkonsultasikan kuesioner tertutup yang telah dibuat kepada asisten Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas dan dosen pembimbing masing-masing.
- Praktikan menyebarkan kuesioner tertutup kepada responden yang sesuai dengan segmentasi produk masing-masing kelompok.
- Praktikan merekap hasil kuesioner tertutup dan melakukan pengujian validitas dan reliabilitas.
- Output dari bab ini adalah tingkat kepentingan/ ekspektasi setiap kebutuhan pelanggan dan penilaian responden mengenai produk kompetitor.